Jumat, 06 November 2009

Klub dan Fans

Kehadiran penggemar sepak bola atau yang lazim disebut fans sudah merupakan bagian terpenting dari sebuah klub. Tanpa fans, klub tidak akan berarti apa-apa. Karena mereka kepopuleran klub bisa menjadi besar. Bahkan dari mereka pula, akan diketahui klub mana saja yang memiliki fans paling fanatik atau klub yang kehilangan fans.

El Barca Punya Fans Terbanyak
Klub Eropa manakah yang saat ini paling populer? Jika ukurannya jumlah fans berumur 15 hingga 69 tahun yang tersebar di seluruh negara Eropa, klub itu ternyata Barcelona. Berdasarkan data yang dihimpun oleh perusahaan riset dan konsultasi terkenal, Sport+Markt, fans El Barca mencapai 50,3 juta orang! Ini menempatkan klub asal Catalan tersebut di atas dua klub yang selama ini dipandang sebagai yang paling ekspansif, Manchester United (32,8 juta fans) dan Real Madrid (45,9 juta fans).

Peningkatan Terpesat
Meski tercatat sebagai klub dengan fans terbesar, Barcelona bukanlah klub dengan peningkatan jumlah fans terpesat dalam lima musim terakhir. Justru dua klub Inggris, Chelsea dan Tottenham Hotspur yang berada di urutan pertama dan kedua.The Blues mengalami peningkatan jumlah fans sebesar 523 persen. Jumlah fans mereka meningkat dari yang tadinya 3,8 juta fans bertambah menjadi 19,7 juta fans. Sedangkan The Spurs meningkat sebanyak 444 persen, dengan jumlah fans dari 500 ribu fans menjadi 2,2 juta fans.

Fanatisme Dalam Negeri
Hal yang menarik dari hasil riset Sport+Markt soal jumlah fans adalah rendahnya dukungan terhadap klub-klub tenar Eropa dari fans di negeri sendiri. Faktanya, tak satu pun dari Barcelona, Madrid, MU, Juventus, AC Milan, dan Chelsea yang memiliki fans lokal dengan jumlah menembus angka 10 juta. Satu-satunya klub besar Eropa dengan jumlah fans lokal menembus angka 10 juta adalah Bayern Muenchen. Klub Jerman ini hanya kalah dari dua klub Rusia, Zenit St. Petersburg (15,3 juta fans) dan Spartak Moskow (13,5 juta fans). Menariknya, Zenit dan Spartak justru tak memiliki basis fans di luar Rusia.

Terpopuler di Asia
Selain menghitung jumlah fans di seantero Eropa, Sport+Markt juga melakukan riset terhadap klub-klub yang disukai di Asia (Cina, Jepang, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan India). Hasilnya, Madrid (13,4 juta fans), MU (10,2 juta fans) dan Milan (9,1 juta fans) masih yang paling populer.

Penurunan Terdrastis
Secara mengejutkan, Real Madrid justru termasuk klub dengan penurunan jumlah fans paling drastis dalam lima musim terakhir. Pada 2003-04, tercatat ada 51,4 juta orang yang mengaku sebagai fans Los Blancos. Nah, pada musim ini ternyata jumlah fans El Real telah menyusut 10,7% menjadi hanya 45,9 juta fans. Tim lainnya yang juga mendapat rapor merah adalah AS Monaco dari 4,1 juta menjadi 1,3 juta fans.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar