Jumat, 06 November 2009

Rekor Clean Sheet di Eredivisie

Pada saat ini, Edwin van der Sar memang kiper yang paling mendapat sorotan karena prestasinya menumbangkan rekor clean sheet alias tak kebobolan di seantero Britania Raya. Belum lagi peluangnya yang masih besar untuk melewati rekor Danny Verlinden sebagai pemegang rekor clean sheet terlama di Eropa. Tapi, selidik punya selidik, Van der Sar ternyata bukanlah sosok kiper terhebat di Eredivisie. Di daftar kolektor clean sheet, dia hanya berada di peringkat keempat. Pada awal Februari lalu, rekor tak kebobolannya selama 846 menit dilampaui kiper AZ Alkmaar, Sergio Romero.

Heinz Stuy
Kiper Ajax era 1970-an ini tercatat sebagai pemegang rekor clean sheet terlama di Eredivisie. Pada musim 1970-71, dia menjaga gawang Ajax tak kebobolan selama 1.082 menit. Stuy tak kebobolan dalam 11 partai kala membukukan rekor tersebut.

Sergio Romero
Andai gawangnya tak dirobek Said Boutahar (Willem II Tilburg) pada 17 Februari lalu, kiper asal Argentina ini bakal melampaui rekor Heinz Stuy. Gara-gara gol Boutahar pada menit ke-18, rekor clean sheet-nya pun terhenti di angka 956 menit. Catatan itu hanya membuatnya menyamai prestasi Heurelho Gomes pada musim 2006-07. Padahal, Stuy sudah menyiapkan karangan bunga untuknya jika mampu menorehkan rekor baru.

Heurelho Gomes
Kiper asal Brasil ini tercatat berada di peringkat kedua, ketiga, dan keenam di daftar 10-besar kiper dengan clean sheet terlama di Eredivisie. Itu menempatkannya sebagai kiper asing terbaik di Eredivisie. Pada musim 2006-07, Gomes mampu menjaga gawangnya tidak kebobolan selama 956 menit.

Edwin Zoetebier
Ada satu keunikan yang dimiliki penjaga gawang yang satu ini. Saat mencetak rekor 772 menit tak kebobolan, dia melakukannya bersama dua klub berbeda, yakni Vitesse pada 2000-01 dan Feyenoord pada 2001-02.

PSV Eindhoven
Pada musim 2004-05, PSV menorehkan sejarah baru dengan tak kebobolan selama 1.169 menit. Kiper Heurelho Gomes dan Edwin Zoetebier berhasil membuat PSV tak kebobolan dalam 12 laga secara berturut-turut. Catatan itu melewati torehan Ajax yang tak kebobolan selama 1.082 menit pada musim 1970-71.

Rekor Clean Sheet Berdasarkan Klub
Di urutan pertama ditempati PSV Eindhoven. Kiper PSV, Zoetebier dan Gomes, memiliki rekor selama 1.169 menit. Di belakang PSV ada Ajax Amsterdam dengan kiper Stuy yang memiliki catatan selama 1.082 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar